Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Friday, October 8, 2010

Day #23 "Mukimuki Sakit (Bagian 1)"

Sudah lama Mukimuki tak kelihatan. Teman temannya di kelas gelisah, dan khawatir. Tak biasanya Mukimuki bolos sekolah, apalagi sampai seminggu. Kelas terasa sepi tanpa Mukimuki. Biasanya dia yang membuat suasana menyenangkan di kelas saat belajar maupun saat bermain. Teman-temannya berencana menanyakan hal ini kepada Mosimosi pada saat istirahat sekolah nanti.

Teng Teng Teng...

Bel tanda istirahat berbunyi, Gorigori dan Lupalupa langsung menuju kelas Cemara, kelas tempat Mosimosi berada. Mereka menemukan Mosimosi masih duduk di mejanya sambil membuka bekal makanan buatan neneknya.

Gorigori : Hai Mosi, sedang makan apa kau, sepertinya enak? Boleh kucicipi

Lupalupa : kau ini, bukanya kita kesini untuk menanyakan Mukimuki, kau malah minta makanan.

Gorigori : biar saja aku lapar, boleh kan Mosi? (memelas)

Mosimosi : hahaha, tentu saja boleh Gori, nenekku membuatkan biskuit kelapa ini cukup banyak, kau juga boleh ambil Lupa.

Lupalupa : wah, benarkah? Baiklah akan kucoba

Gorigori : dasar kau, ternyata kau lapar juga

Lupalupa : hehehe... eh iya Mosi, sudah seminggu ini Mukimuki tak masuk sekolah, kemana dia?

Mosimosi : iya aku juga sudah lama tak bertemu dengannya, kata ibunya sih dia sakit, tapi aku tak tahu sakit apa dia?

Gorigori : wah, bagaimana jika kita ke rumahnya sepulang sekolah nanti?

Mosimosi : ide bagus, kita bertemu di gerbang, sepulang sekolah nanti ya?

Lupalupa : mau kemana kita? (bertanya dengan bodoh)

Gorigori dan Mosimosi : sudahlah, hahaha..

Sepulang sekolah mereka langsung menuju rumah Mukimuki.


***


Sesampainya di rumah Mukimuki, ternyata benar dugaan mereka. Mukimuki sedang sakit, dia terbaring di tempat tidur.

Mukimuki : oh hai teman teman (lemas)

Lupalupa : kau sakit Muki?

Gorigori : sudah jelas dia terbaring begitu, kau tanya lagi, dia sakit apa tidak, tentu saja sakit dasar bodoh

Mosimosi : sudah kalian ini ribut saja, kasian Muki jika harus mendengar kalian bertengkar

Lupalupa : aku kan hanya bertanya...

Mukimuki : hahaha, bosan aku ditempat tidur saja, lama tak kudengar celotehan kalian, ingin aku pergi ke sekolah, tapi ibuku melarangku

Mosimosi : tentu saja, kau ini sedang sakit, tapi aku heran kenapa kau bisa sakit? Padahal kau banyak makan dan sering berolahraga.

Mukimuki : aku tak tahu, kata Si Penyembuh yang kemarin memeriksaku, katanya aku kurang minum susu, padahal aku tak suka susu, rasanya menjijikan.

Lupalupa : APA !!! kau tak suka susu? Wah justru aku sangat suka susu, apalagi yang diperah langsung oleh ayahku, rasanya segar sekali.

Mukimuki : Hyaaaak !!! Huweeek !!! membayangkannya pun aku sudah mual

Gorigori : pantas saja kau sakit, kau tidak pernah minum susu, susu itu sangat bergizi, penuh dengan kalsium yang membuat tulang kuat, kau tak lihat badanku bertulang besar seperti ini?

Lupalupa : kau ini bukan bertulang besar Gori, tapi kau ini sangat gemuk, hahaha

Gorigori : sialan kau Lupa !!

Mosimosi : kalian ini sudah kubilang jangan ribut, sekarang bagaimana caranya agar Muki mau minum susu, supaya dia lekas sehat dan bisa pergi ke sekolah?

Lupalupa : akan kutanya ayahku, siapa tahu dia punya cara agar Muki mau minum susu

Mukimuki : coba saja, aku tak akan meminumnya, Hiii ...

Setelah lama mereka dirumah Mukimuki, tak terasa hari sudah sore, akhirnya Gorigori, Lupalupa dan Mosimosi pamit pulang.

***

Sesampainya di rumah Lupalupa langsung menemui ayahnya, untuk bertanya mengenai bagaimana agar Mukimuki mau minum susu. Ayah Lupalupa bernama Lompalompa, dia sangat pandai melompat, semasa mudanya dia adalah juara lompat jauh di negeri ini. Itu akibat dia rajin minum susu, sehingga bertubuh tinggi.

Lupalupa : yah, aku mau bertanya

Lompalompa : ya nak? Apa yang mau kau tanyakan?

Lupalupa : apa yaaaa? Aku lupa, pokoknya aku hanya ingat mau bertanya padamu, tapi apa ya?

Lompalompa : kau ini anakku, selalu saja lupa, tapi kau tak pernah lupa makan dan main, hahaha

Lupalupa : sebentar kuingat ingat lagi yah,, hmmm... Aha ! aku ingat, ini mengenai temanku Mukimuki, dia sedang sakit, dan dia tak suka minum susu, bagaimana yah?

Lompalompa : tidak suka minum susu? Hmm. Padahal itu penting untuk kesehatan, aku juga dulu ta suka minum susu, tapi ayahku yaitu kakekmu memberiku susu yang luar biasa, enak sekali, pada akhirnya aku jadi suka minum susu.

Lupalupa : hah ??? susu apakah itu yah?

Lompalompa : hanya susu sapi biasa, tapi dicampur dengan bahan yang tak biasa, sebuah strawberry liar yang hanya tumbuh 5 tahun sekali.

Lupalupa : aku jadi ingin mencobanya juga dan akan kuberi Mukimuki, agar dia mau minum susu. Dimana aku bisa mendapatkannya yah?

Lompalompa : aku tak tahu, dulu ayahku yang mencarinya, buah yang langka. Tapi coba kau tanya pada Kakek Kura Kura yang tinggal di dekat sungai sana, dia sudah sangat tua tapi dia mengetahui segalanya.

Lupalupa : baiklah besok aku akan mencoba mengajak temanku untuk menemui Kakek Kura Kura, tapi apa kau dapat membuatnya jika aku sudah mendapatkan buah Strawberry langka itu?

Lompalompa : akan kucari resepnya? Sepertinya Kakekmu punya sebuah buku harian, akan kulihat disana.

Lupalupa : Baiklah ayah.

Lupalupa lalu pergi ke kamarnya untuk tidur, karena dia besok harus menemui Kakek Kura Kura.

***

Bersambung ke bagian 2...

No comments:

Post a Comment